-
2016
(15)
- September(1)
- Juli(1)
-
Juni(13)
- COURTESY RULES - TELEPHONE SKILLS
- PUBLIC AREA
- HELLO GILI SPEED BOAT
- TATA GRAHA-PERSIAPAN KAMAR TAMU
- HOTEL COURTESY
- Aneka Minuman Tradisional
- SATE TANJUNG
- HYGIENE DAN SANITASI
- Hello gili speed boat
- Objek Wisata Gili Air
- PULAU PENYU GILI MENO
- Spot Menarik Wisata Gili Trawangan
- destinasi wisata lombok utara
Minggu, 19 Juni 2016
On 11.49 by Samsul Rizal Abdi S 1 comment
KATA PENANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kepada Allah SWT, sekaligus shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpahkan
kepada nabi besar Muhammad SAW, juga kepada para keluarga, sahabat, serta
pengikutnya sampai akhir zaman. Alhamdulillah
yang atas izin dan ridho-Nya kami dapat menyelsaikan makalah yang
berjudul “ PELAKSANAAN COURTESY UNTUK KARYAWAN HOUSE KEEPING”
Selanjutnya, penyusun
mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah
ini. Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa di dalam penyusunan ini masih jauh
dari kesempurnaan, tetapi keinginan dan motivasi baik, selalu menjadi bekal
bagi penyusun. Kekurangan, kekhilafan merupakan proses untuk perbaikan dalam
pembelajaran. Oleh sebab itu, penyusun mohon masukan berupa kritik dan saran
yang bersifat membangun demi kesempurnaan penyusunan makalah ini.
Penyusun berharap semoga
makalah ini dapat membawa manfaat dan menambah wawasan tidak hanya bagi
penyusun, melainkan juga bagi pembaca.
1.Latar Belakang
Banyak yang mengatakan
bahwa Courtesy (sopan santun) itu penting dalam bisnis perhotelan. Namun banyak
orang tidak tahu bagaimana melaksanakannya dengan baik dan benar.
Menurut National Educational Media Incorporated (NEM) courtesy adalah:
“It’s a way of thinking about how you treat another person.”
Courtesy merupakan suatu tanggapan yang muncul pada saat seseorang berhubungan dengan orang lain. Disini pikiran yang bersih dan pola pikir yang positif akan sangat membantu. Kebiasaan berpikir positif akan dapat memunculkan kebiasaan yang positif, baik didalam mengutarakan pendapat ataupun dalam bertindak.
Karena kegiatan di hotel sedemikian banyak dan kompleks, pelaksanaan courtesy pun harus selalu disesuaikan.
Senyum pegawai hotel hendaknya bukan sekedar gerakan ritmis di bibir, tetapi juga diwujudkan dengan pelayanan yang seutuhnya, baik lewat kebersihan, kerapian, keharuman, kelengkapan fasilitas, penataan ruangan dan peralatan, kesejukan ruangan, hingga kelezatan maupun tampilan non fisik dalam bentuk sikap yang hangat penuh perhatian.
Courtesy merupakan tanggapan yang manusiawi, tanggapan yang seharusnya muncul dalam diri seseorang secara wajar meskipun setiap orang merupakan pribadi yang berbeda dan mempunyai keunikan sendiri-sendiri.
Bila pegawai hotel terjalin dalam suatu team work yang kompak, yang melaksanakan pekerjaan dengan penuh gairah, memiliki sikap inovatif yang tinggi, hal itu tentu akan menimbulkan kepuasan bagi para tamu hotel. Kepuasan yang dirasakan oleh tamu tentu juga akan dirasakan oleh seluruh pegawai. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya diidam-idamkan setiap bisnis perhotelan.
Menurut National Educational Media Incorporated (NEM) courtesy adalah:
“It’s a way of thinking about how you treat another person.”
Courtesy merupakan suatu tanggapan yang muncul pada saat seseorang berhubungan dengan orang lain. Disini pikiran yang bersih dan pola pikir yang positif akan sangat membantu. Kebiasaan berpikir positif akan dapat memunculkan kebiasaan yang positif, baik didalam mengutarakan pendapat ataupun dalam bertindak.
Karena kegiatan di hotel sedemikian banyak dan kompleks, pelaksanaan courtesy pun harus selalu disesuaikan.
Senyum pegawai hotel hendaknya bukan sekedar gerakan ritmis di bibir, tetapi juga diwujudkan dengan pelayanan yang seutuhnya, baik lewat kebersihan, kerapian, keharuman, kelengkapan fasilitas, penataan ruangan dan peralatan, kesejukan ruangan, hingga kelezatan maupun tampilan non fisik dalam bentuk sikap yang hangat penuh perhatian.
Courtesy merupakan tanggapan yang manusiawi, tanggapan yang seharusnya muncul dalam diri seseorang secara wajar meskipun setiap orang merupakan pribadi yang berbeda dan mempunyai keunikan sendiri-sendiri.
Bila pegawai hotel terjalin dalam suatu team work yang kompak, yang melaksanakan pekerjaan dengan penuh gairah, memiliki sikap inovatif yang tinggi, hal itu tentu akan menimbulkan kepuasan bagi para tamu hotel. Kepuasan yang dirasakan oleh tamu tentu juga akan dirasakan oleh seluruh pegawai. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya diidam-idamkan setiap bisnis perhotelan.
2.Rumusan Masalah
1.Pengertian
housekeeping dan courtesy
2.Courtesy di seksi kamar
a. ketentuan-ketentuan
yang harus diketahui staff room saction
3.Tujuan
A. Untuk
mengetahui Pengertian housekeeping dan
courtesy
B. Untuk
mengetahui ketentuan-ketentuan yang harus diketahui staff room saction
C.
Untuk mengetahui Penerapan courtesy karyawan
dalam minyiapkan kamar tam
BAB 2
A.Pengertian Housekeeping
Housekeeping
berasal dari kata house yang berarti rumah dan keeping (to keep) yang berarti
memelihara, merawat, atau menjaga. Housekeeeper adalah orang yang bertugas
menjaga, merawat serta memelihara “rumah” yang dalam hal ini adalah hotel.
Housekeeping atau tata graha yang berarti rumah tangga. Housekeeping department
adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan
kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restoran, bar, dan outlet lainnya.
Pengertian umum menurut (Djohan, T.M. 1993) Housekeeping adalah salah satu
bagian yang ada didalam hotel yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan,
kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh areal umum lainnya
agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel. Selain
itu dalam buku Pengetahuan Dasar Perhotelan (1989:67), Aan Surachlan Dimyati
mendefinisikan Departemen Tata Graha atau Housekeeping adalah bagian yang
bertugas memelihara kebersihan, kerapian, dan kelengkapan kamar-kamar tamu,
restoran, bar, dan tempat-tempat umum dalam hotel, termaksuk tempat-tempat
untuk karyawan, kecuali tempat-tempat yang menjadi tanggung jawab steward,
misalnya kitchen area, diswashing area, dan gerbage area. Fungsi housekeeping
dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan
kamar ditentukan oleh housekeeping. Karna pendapatan hotel yang paling besar
berasal dari penyewaan kamar maka housekeeping harus diperhatikan dengan baik
agar para tamu dapat betah tinggal di hotel. Melihat dari fungsi housekeeping
itu, maka peran dari housekeeping departemen sangat penting dalam suatu hotel.
B.Pengertian Courtesy
Menurut
National Educational Media Incorporated (NEM) courtesy adalah:
“It’s a way of thinking about how you treat another person.”
Courtesy merupakan suatu tanggapan yang muncul pada saat seseorang berhubungan dengan orang lain. Disini pikiran yang bersih dan pola pikir yang positif akan sangat membantu. Kebiasaan berpikir positif akan dapat memunculkan kebiasaan yang positif, baik didalam mengutarakan pendapat ataupun dalam bertindak.
“It’s a way of thinking about how you treat another person.”
Courtesy merupakan suatu tanggapan yang muncul pada saat seseorang berhubungan dengan orang lain. Disini pikiran yang bersih dan pola pikir yang positif akan sangat membantu. Kebiasaan berpikir positif akan dapat memunculkan kebiasaan yang positif, baik didalam mengutarakan pendapat ataupun dalam bertindak.
Courtesy
merupakan tanggapan yang manusiawi, tanggapan yang seharusnya muncul dalam diri
seseorang secara wajar meskipun setiap orang merupakan pribadi yang berbeda dan
mempunyai keunikan sendiri-sendiri.
Bila pegawai hotel terjalin dalam suatu team work yang kompak, yang melaksanakan pekerjaan dengan penuh gairah, memiliki sikap inovatif yang tinggi, hal itu tentu akan menimbulkan kepuasan bagi para tamu hotel. Kepuasan yang dirasakan oleh tamu tentu juga akan dirasakan oleh seluruh pegawai. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya diidam-idamkan setiap bisnis perhotelan.
Bila pegawai hotel terjalin dalam suatu team work yang kompak, yang melaksanakan pekerjaan dengan penuh gairah, memiliki sikap inovatif yang tinggi, hal itu tentu akan menimbulkan kepuasan bagi para tamu hotel. Kepuasan yang dirasakan oleh tamu tentu juga akan dirasakan oleh seluruh pegawai. Kondisi seperti inilah yang sebenarnya diidam-idamkan setiap bisnis perhotelan.
2.Courtesy In Room
Section
Seksi
kamar (room section) merupakan bagian yang bertugas dalam hal
pemeliharaan kamar–kamar hotel. seperti kebersihan, keindahan, dan kenyamanan
tamu selama tamu berada di hotel tersebut. Room attendant ialah
petugas floor section yang menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan
dan kelengkapan ka mar-kamar tamu. Seksi ini bertanggung jawab
terhadap pemeliharaan kamar tamu hotel, yang meliputi kebersihan,
kerapian, keindahan dan kenyamanan tamu di hotel.
A.ketentuan-ketentuan
yang harus diketahui staff room saction
1. Mengenakan seragam hotel ,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan
2. Selalu tepat waktu dan bila ada halangan diharap memberitahu
sebelumnya
3. Segera melaporkan kepada supervisor atau kantor tata graha jika
menjumpai tamu yang sakit
dan hal-hal yang mencurigakan misalnya
pencuri atau skipper.
4. Harus ramah dan member salam pada tamu serta melayani tamu dengan
senang hati.
5. Melaporkan pekerjaan yang belum selesai pada shift berikutnya.
6. Melaporkan dan membawa lost and found kepada supervior.
7. Dilarang meninggalkan roomboy station atau tempat tugas tanpa izin
supervisor.Dilarang mengobrol dengan sesama karyawan ataupun tamu.
8. Dilarang merokok dan berbicara keras-keras ditempat tugas sehingga
mengganggu kenyaman tamu.
9. Dilarang menghidupkan radio atau nonton tv di kamar.
10. Dilarang mengajak teman berkunjung kedalam hotel.
11. Dilarang membawa barang atau apapun tanpa izin.
12. Dilarang mengunakan lift tamu.
13. Dilarang menyimpan barang yang bukan milik pribadi.
B.Penerapan
courtesy dalam menyiapkan kamar tamu
1.Persiapan
Pada tahap persiapan ini, room
Attendant melakukan persiapan sebagai berikut :
a)
Melapor ke housekeeping office dengan
menandatangani daftar hadir (attendance record) pada kolom Time
In.
b)
Mengambil room assignment sheet yang
merupakan daftar kamar-kamar yang harus dikerjakan oleh room
attendant. room assignment sheet ini dipersiapkan oleh floor
supervisoruntuk mengatur alokasi room atttendant dalam pembersihan semua kamar
di hotel.
c)
Mengambil kunci kamar (Master key) sesuai
dengan daftar kamar pada room assignment sheet kemudian
menandatangani pada “key log book” pada kolom Key Out.
2.Pembersihan
1.Entering the guestroom
a. Tekan
bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon
ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu perlahan sambil
mengatakan housekeeping.
b. Jika
ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin
apakah kamarnya dapat dibersihkan.
c. Buka
curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk
sirkulasi udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan
keamanan).
d. Bersihkan
tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
e. Periksa
semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
2.Stripping the bed
a. Pindahkan
bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke
posisi awal.
b. Lepaskan
sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
c. Tarik
sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke
laundry
d. Pindahkan
semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
3.Making the bed
a. Periksa
kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
b. Letakkan
sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan
membentuk sudut 45 derajat.
c. Letakkan duvet
cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi bed,
kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
d. Letakkan
bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
e. letakkan bed
runner sebelah bawah dari bed.
4.Dusting
a. Proses
dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan
semua furniture tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance,
skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table,
wardrobe, dan lain-lain.
b. Lengkapi
semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai
syarat kelengkapan kamar.
5.Cleaning the bathroom
a. Bersihkan Glass
tumbler yang kotor.
b. Bersihkan
toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
c. Ganti
towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
d. Ganti
dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan
standar.
e. Bersihkan
lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
6.Vacuuming the room
a. Vacuum
lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur.
b. pastikan
semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.
3.Pengecekan.
Pada
tahap ini, room attendant memeriksa ulang kamar yang telah
dibersihkan agar kamar tersebut sesuai dengan standar.
a. Kebersihan
merupakan tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall,
furnitures, paintings, lamps, floor, linen, dan ceiling.
b. Kerapihan
merupakan pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik
dan rapi agar kelihatan menarik.
c. Kelengkapan
merupakan proses pengecekan terhadap
semua amenities dan linens yang menjadi standar dari kamar
tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
d. Kerusakan
bertujuan untuk memastikan semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan
baik, misalnya lampu yang mati, remot control, furniture yang tergores, dan
lain-lain.
e. Kesegaran
merupakan proses pengecekan terhadap kesegaran kamar. kamar yang baik adalah
“fresh” bukan bau rokok, bau parfurm, dan lain-lain
BAB 3
PENUTUP
1.Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa,penerapan courtesy dalam
meberikan pelayanan di hotel sangat penting bukan hanya di di housekeeping saja
tetapi di semua department dandepartement hk harus berusaha agar tamu merasa
nyaman selama menggunakan berbagi fasilitas yang ada dihotel, bukan hanya
sekedar membersihkan saja .
Seorang housekeeping hendaknya mampu menciptakan suasana
yang nyaman yaitu melalui:
1.kebersihannya, baik dengan dilihat,diraba,maupun
dicium.tidak berdebu, tidak cacat, dan tidak berbau.
2.kerapian dengan cita rasa keindahan yang tinggi.
3.kelengkapan sesuai standar hotel .
4.berfungsi secara standar, misalnya kursi aman dan nyaman
diduduki. Tata lampu yang memadai untuk ruangan, tidak ada yang mati, air
jernih tidak berbau, engsel pintu tidak bergerit,dan lain sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
http://pelangihitamgelap.blogspot.co.id/2012/01/Menyiapkan-kamar-tamu.html
http://menyiapkan.blogspot.co.id/
http://akomodasi-perhotelan.blogspot.co.id/2013/02/
menyiapkan-kamar-untuk-tamu.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
KATA PENANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, sekaligus shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpa...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Persiapan dalam menyiapkan kamar yang di jual, dalam menujang keberhasilan suatu hotel, dala...
-
COURTESY RULES - TELEPHONE SK Just Bring Your Hospitality Telephone courtesy adalah suatu cara dalam berkomunikasi melalui me...
-
BAB I PENDAHULUAN A. DESKRIPSI UMUM Salah satu standar kompetensi pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah standar kompet...
-
PULAU PENYU BERNAMA GILI MENO Welcome to Gili Meno Gili Meno adalah salah satu di antara tiga pulau kecil yang ada di Kabupaten Lomb...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili terawangan,gili ...
-
M AKALAH TENTANG HYGIENE DAN SANITASI UNIVERSITAS MATARAM BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili tera...
-
Gili Trawangan Di dalam kawasan wisata Gili Trawangan, tidak ada satupun aktivitas kendaraan bermotor karena memang dilarang. Jika And...
Recent Posts
Sample Text
Blog Archive
-
▼
2016
(15)
-
▼
Juni
(13)
- COURTESY RULES - TELEPHONE SKILLS
- PUBLIC AREA
- HELLO GILI SPEED BOAT
- TATA GRAHA-PERSIAPAN KAMAR TAMU
- HOTEL COURTESY
- Aneka Minuman Tradisional
- SATE TANJUNG
- HYGIENE DAN SANITASI
- Hello gili speed boat
- Objek Wisata Gili Air
- PULAU PENYU GILI MENO
- Spot Menarik Wisata Gili Trawangan
- destinasi wisata lombok utara
-
▼
Juni
(13)
Diberdayakan oleh Blogger.
FAQ's
Arcade Games
Shooting Games
Racing Games
Shooting Games
Popular Posts
-
KATA PENANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, sekaligus shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpa...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Persiapan dalam menyiapkan kamar yang di jual, dalam menujang keberhasilan suatu hotel, dala...
-
COURTESY RULES - TELEPHONE SK Just Bring Your Hospitality Telephone courtesy adalah suatu cara dalam berkomunikasi melalui me...
-
BAB I PENDAHULUAN A. DESKRIPSI UMUM Salah satu standar kompetensi pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah standar kompet...
-
PULAU PENYU BERNAMA GILI MENO Welcome to Gili Meno Gili Meno adalah salah satu di antara tiga pulau kecil yang ada di Kabupaten Lomb...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili terawangan,gili ...
-
M AKALAH TENTANG HYGIENE DAN SANITASI UNIVERSITAS MATARAM BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili tera...
-
Gili Trawangan Di dalam kawasan wisata Gili Trawangan, tidak ada satupun aktivitas kendaraan bermotor karena memang dilarang. Jika And...
Anda benar sopan santun itu penting bagi kelangsungan usaha dan kelangsungan hidup bermasyarakat yang baik. Ditunggu karangan berikutnya. Tata Graha penting diketahui dijaman Pengembangan Pariwisata di Indonesia.
BalasHapus