-
2016
(15)
- September(1)
- Juli(1)
-
Juni(13)
- COURTESY RULES - TELEPHONE SKILLS
- PUBLIC AREA
- HELLO GILI SPEED BOAT
- TATA GRAHA-PERSIAPAN KAMAR TAMU
- HOTEL COURTESY
- Aneka Minuman Tradisional
- SATE TANJUNG
- HYGIENE DAN SANITASI
- Hello gili speed boat
- Objek Wisata Gili Air
- PULAU PENYU GILI MENO
- Spot Menarik Wisata Gili Trawangan
- destinasi wisata lombok utara
Minggu, 19 Juni 2016
On 11.56 by Samsul Rizal Abdi S 1 comment
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Persiapan dalam menyiapkan kamar
yang di jual, dalam menujang
keberhasilan suatu hotel, dalam usaha industry pariwisata yang penjualan peroduk dan jasa. Kamar yang akan di
jual sangat penting untuk di perhatikan.agar tamu yang menginap merasakan
kenyamanan dan betah untuk tinggal di suatu hotel tersebut.
Berdasarkan hal tersebut sangat
perlu di adanya pesiapan yang baik dalam menyiapkan kamar bagi para tamu yang
akan menginap dengan memperhatiakn perosedur yang sudah di tetapkan oleh hotel.
Dalam mencapai keberhasilan yang
maksimal dalam mempersiapkan kamar yang siap untuk di jual kepada tamu.
Ketersediaan kamar yang bersih akan menghindari dari tamu untuk menunggu pada
saat chek in. oleh sebab itu ketika room attendant telah selsai di bersihkn
kamar makan floor supervaisor meriles satatus kamar tersebut.
B. Rumusan
Masalah
Dari latar belakang di atas, penulis
memngangkat beberapa rumusan masalah di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Pengetian persiapan kamar tamu?
2. Dimana Penyiapan kamar tamu?
3. Prosedur persiapan kamar tamu?
4. Kapan kamar tamu di persiapkan?
5. Departement yang bertugas dalam
mempersiapkan kamar tamu?
6. Langkah-langkah dalam mempersiapkan
kamar tamu?
C. TUJUAN
Tujuan dari makalah ini adalah
sebagai brikut:
1. Untuk mengetahui apa itu Pengetian
persiapan kamar tamu
2. Untuk mengetahui Dimana Penyiapan
kamar tamu
3. Untuk mengetahui Prosedur persiapan
kamar tamu
4. Untuk mengetahui Kapan kamar tamu di
persiapkan
5. Untuk mengetahui Departement yang
bertugas dalam mempersiapkan kamar tamu
6. Untuk mengetahui Langkah-langkah
dalam mempersiapkan kamar tamu
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Persiapan Kamar Tamu
Persiapan
kamar tamu adalah menyiapakan kamar
untuk tamu yang akan menginap di hotel dengan engikuti prosedur, penyiapan
kamar tamu, yang sesuai dengan ketetapan hotel. Adapun dalam penyiapannya,
meliputi, bnyak peralatan, pelengkapan, departemen-departemen yang saling
berkoodinasi dalam menyiapakan kamar tamu.
Dalam mempersiapakan kamar tamu, di
perlukan ketelitian dalam menyiapkan kamar yang akan di huni oleh tamu yang
akan menginap. Adapun hal yang pentig untuk di perhatikn dalam menyiapakan
kamar tamu di hoel adalah,
Ø Kebersihan
Kebersihan dalam menyiapkan kamar tamu yang meliput: linen bantal, kamar mandi,
tawel, dan lain-lain
Ø Kerapian
Kerapian dalam menyiapkan kamar tamu yang meliputi: penetaan
bed cover, perlatan-perlatan yang ada di atas meja, seperti remot, buku, mini
bar, hair dryer dan lain-lain
B.
Dimana
peyiapan kamar tamu
Di kamar tamu
yang akan di gunakan oleh tamu atau sebelum di gunakan oleh tamu roomboy harus
meyiapkan kamar tamu terlebih dahulu agar kamar tersebut bias di gunakan oleh
tamu yang memesan kamar tersebut.
C.
Prosedur Penyiapan Kamar Tamu Hotel
Prosedur pembersihan kamar perlu diperhatikan
sedemikian rupa untuk memastikan semua bagian
di dalam kamar
tidak ada yang
terlewatkan. Pembersihan harus dilakukan secara detail termasuk
kerapian, kelengkapan amenities dan kebersihan. Pekerjaan utama dalam
proses pembersihan kamar terdiri dari preperation
(persiapan), process (pembersihan) dan finishing (pengecekan)
Ø PERSIAPAN
Pada
tahap persiapan ini, room Attendant melakukan persiapan sebagai berikut:
1) Melapor ke housekeeping office
dengan menandatangani daftar hadir
(attendance record) pada kolom Time In.
2) Mengambil room assignment sheet
yang merupakan daftar kamar-kamar yang harus
dikerjakan oleh room attendant. room assignment
sheet ini dipersiapkan oleh floor supervisor untuk mengatur alokasi room atttendant dalam pembersihan
semua kamar di
hotel.
3) Mengambil kunci kamar
(Master key) sesuai dengan daftar kamar pada room assignment sheet kemudian menandatangani pada “key log book” pada kolom Key Out.
4) Mengikuti “Morning briefing”
yang dipimpin oleh supervisor
untuk mendapatkan informasi mengenai aktivitas hotel misalnya : EA, ED, VIP, dan lain-lain.
5) Room attendant menuju section masing-masing sesuai dengan
lantainya kemudian mengambil “trolley” sebagai tempat penyimpanan semua peralatan
penunjang kamar.
6) Kemudian, mengecek semua kamar
untuk memastikan status kamar sesuai dari system
komputer sama dengan
status fisik.
Selain itu, tujuan lainnya adalah mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy
Selain itu, tujuan lainnya adalah mengecek laundry tamu, mengecek kamar yang ada tanda “SERVICE dan DND” dan sebagai laporan untuk room discrepancy
7) Hasil pengecekan fisik ini akan
dilaporkan ke floor supervisor sabagai laporan morning housekeeping report setelah dikumpulkan dari semua room
attendant yang bertugas.
8) Room attendant sudah siap melakukan
pembersihan kamar. biasanya akan dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda
“service”.
Ø PEMBERSIHAN
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal
sebagai berikut :
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal
sebagai berikut :
1) Entering the guest room
·
Bell
kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon ulangi
lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping.
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping.
·
Jika
ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin
apakah kamarnya dapat dibersihkan.
2) Begining Task
·
Bawa
masuk caddy tray dan linen bersih
ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen diatas luggage rack.
·
Buka
curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk
sirkulasi udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan
keamanan).
·
Bawa
gelas, ashtray, cangkir ke basin di bathroom. bila ada tray dar room service
hubungi room service untuk pick up.
·
Bersihkan
tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
·
Periksa
semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.
3) Stripping the bed
·
Pindahkan
bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke
posisi awal.
·
Lepaskan
sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
·
Tarik
sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke
laundry.
·
Pindahkan
semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
4) Making the bed
·
Periksa
kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
·
Letakkan
sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan
membentuk sudut 45 derajat.
·
Letakkan
duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi
bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
·
Letakkan
bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
·
letakkan
bed runner sebelah bawah dari bed.
5) Dusting
·
Proses
dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan
semua furniture
tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
·
Lengkapi
semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai
syarat kelengkapan kamar.
6) Cleaning the bathroom
·
Bersihkan
Glass tumbler yang kotor.
·
Bersihkan
toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
·
Ganti
towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
·
Ganti
dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan
standar.
·
Bersihkan
lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
7) Vacuuming the room
·
Vacuum
lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur.
pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.
Ø PENGECEKAN
Pada
tahap ini, room attendant memeriksa ulang kamar yang telah dibersihkan agar kamar
tersebut sesuai dengan
standar.
Adapun prosedure pengeceken meliputi :
Adapun prosedure pengeceken meliputi :
1) Kebersihan merupakan tujuan dari
proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings,
lamps, floor, linen, dan ceiling.
2) Kerapihan merupakan pengaturan
terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi agar
kelihatan menarik.
3) Kelengkapan merupakan proses
pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi
standar dari kamar tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
4) Kerusakan bertujuan untuk memastikan
semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan baik, misalnya lampu yang
mati, remot control, furniture yang tergores, dan lain-lain.
D.
Kapan kamar tamu di siapkan
Waktu
Penyiapan kamar tamu yang akan di huni oleh tamu yang akan menginap, yaitu adalah sebagai berikut
Ø Kamar chek in
Adalah
kamar yang ada di bersihakan pada waktu pagi hari sebelum tamu chek in.
Ø Kamar chek out
Adalah
kamar tamu yang di bersihkan setelah tamu meninggalkan kamar hotel.
Ø Kamar in house
Adalah
kamar yang di huni, oleh tamu yang menginap di hotel, pembersihan kamar di
lakukan pada saat tamu sedang keluar meninggalkan kamar.
E.
Departemen yang menyiapkan kamar
tamu
Departemen yang menyiapkan kamar tamu yang akan di huni oleh
tamu yang akan menginap di hotel, adalah departemen Housekiping. Departemen
housekiping adalah departemen yang bertanggung jawab dalam penyiapakan kamar
yang akan di huni, oleh tamu yanag akan menginap. Housekiping juga memiliki
beberapa bagian yang ikut berperan dalam menyiapakan kamar tamu adalah sebagai
berikut:
Ø Room boy
Adalah
stap yang bertugas dalam memebersihkan kamar, yang akan di huni. Stap yang
bertugas pada bagian ini sebagian besar adalah laki-laki.
Ø Room attenden/room mied
Adalah
stap yang bertugas dalam menyiapakan kamar, yang akan di huni oleh tamu yang
menginap, pada bagian ini stap yang bertugas sebagian adalah permpuan
Ø Flooris
Adalah
stap yang bertugas dalam merangkai bunga sebagai dekorasi kamar yang di
siapakan untuk tamu yang akan menginap, dengan tujuan membuat kamar menjadi
lebih indah dengan pentaan bunga-bunga.
F.
Langkah-langkah dalam menyiapkan kamar tamu
Dalam memepersiapkan kamar tamu, adapun langkah lanagkah
yang perlu di perhatikan dalam mempersiapkan kamar tamu yang akan menginap
adalah sebagai berikut:
Ø Dorong trolley ke depan kamar yang
akan dibersihkan, tempatkan trolley pada posisi yang benar.
Ø Ketuk pintu kamar / tekan bel kamar,
sambil menyebutkan identitas (Housekeeping.. / Room boy..) sebanyak 3 kali
dengan jeda waktu ±5 detik atau ±10 detik.
Ø Bukalah pintu perlahan, sambil menyebutkan identitas
kembali.
Ø Masuk ke dalam kamar sambil Nyalakan lampu kamar, dan dengan
membawa cleaning kit (Tempatkan cleaning kit dibawah wash basin).
Ø Buka curtain dengan tujuan cahaya matahari dapat masuk serta
menerangi kamar.
Ø Padamkan lampu bila perlu dengan tujuan shaving energi,
sambil melakukan pengecekan awal terhadap peralatan yang ada didalam kamar.
Ø Kumpulkan semua sampah / kotoran didalam kamar (stripping
sampah). Lihat dibawah tempat tidur. Bersihkan tempat sampah.
Ø Keluarkan barang-barang Room Service (plate, glass, try),
Jika didalam kamar terdapat barang-barang tersebut. Lalu hubungi Room Service
untuk mengangkatnya (clear up).
Ø Kumpulkan barang-barang ini (bila kotor) : kettle jug,
glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak (buang isi asbak kedalam tempat yang
sudah disiapkan). Tempatkan semua kedalam wash basin untuk kemudian rendam
dengan air.
Ø Stripping linen kotor pada bed
dengan cara mengupasnya satu per satu, lalu kemudian kumpulkan semua towel
kotor yang ada didalam bathroom. Masukkan linen dan towel kotor kedalam dirty
linen bag (letakkan di trolley).
Ø Masuk kembali kedalam kamar dengan
membawa bed linen bersih untuk kemudian selanjutnya Making Bed.
Ø Masuk kedalam bathroom untuk
Cleaning Bathroom.
Ø Hal yang pertama kali dilakukan
didalam bathroom adalah Flush toilet dan Semprotkan toilet cleaner kedalam
bagian toilet.
Ø Bersihkan (cuci, bilas, keringkan)
kettle jug, glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak kotor yang telah direndam
sebelumnya didalam wash basin. letakkan semua kembali ditempat yang sudah
ditetapkan sebagai standard.
Ø Bersihkan (Semprotkan chemical,
sikat, cuci, bilas, keringkan) area didalam bathroom, mulai dari mirror wash
basin, wash basin, bath tub, dan lalu shower cabin glasses.
Ø Gunakan Hand glove. Kembali ke
toilet yang sebelumnya sudah disemprotkan toilet cleaner untuk menyikat,
membilas, dan mengeringkan toilet tersebut.
Ø Kembali ke trolley, ambil dan isi
kembali bath linen dan bathroom amenities. Tempatkan di tempat yang sudah
ditetapkan sesuai standard.
Ø Pel dan bersihkan lantai bathroom.
Ø Dusting menggunakan kain pembersih
untuk membersihkan debu dikamar yang dimulai dari pintu masuk kamar lalu
Berjalan sesuai arah jarum jam. Dan sambil Periksa kondisi operational TV,
alarm clock, semua lampu dan telephone. (disesuaikan dengan type/layout kamar).
Ø Kembali ke trolley untuk melengkapi
guest supplies yang tidak ada. Ganti guest supplies bila perlu dengan
mengelilingi kamar searah jarum jam.
Ø Vacum carpet pada kamar mulai dari
daerah kamar yang paling jauh dan berjalan mundur.
Ø Final check. Periksa kondisi kamar
sekali lagi untuk memastikan bahwa kondisi kamar dalam keadaan baik.
Ø Tutup Curtain, Atur (normalkan)
temperatur suhu AC, Semprotkan Air refreshener pada ruangan, dan Ambil waktu
sesaat untuk menikmati hasil kerja yang bagus sebelum Mematikan semua lampu.
Ø Tutup pintu kamar dalam keadaan aman
dan pastikan pintu telah terkunci.
Ø Mengisi Form list housekeeping (Room
Boy Control Sheet).
Ø Dorong trolley menuju kamar
selanjutnya yang akan dibersihkan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMUPULAN
Dari pembahasan di atas dapat di ambil kesimpulan
bahwa, hotel meemelukan penyapian kamar yang akan di gunakan oleh para tamu
yang akan menginap dii suatu hotel. Pelaksaan dalam memepersiapkan kamar tamu
yang sesuai dengan prosedur yang tlah di tetapkan dalam oleh hotel. Agar
terlihat lebih menarik dan sebagus mungkin.
B. SARAN
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis megharapakan
pembaca bisa mengetahui cara menyiapkan kamar tamu yang baik dan dan sesuai
dengan prosedur yan tlah di tetapkan oleh hotel.
Daftar
pustaka
http://pelangihitamgelap.blogspot.co.id/2012/01/langkah-langkah-membersihkan-kamar-tamu.html
http://menyiapkan.blogspot.co.id/
http://akomodasi-perhotelan.blogspot.co.id/2013/02/
menyiapkan-kamar-untuk-tamu.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
KATA PENANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, sekaligus shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpa...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Persiapan dalam menyiapkan kamar yang di jual, dalam menujang keberhasilan suatu hotel, dala...
-
COURTESY RULES - TELEPHONE SK Just Bring Your Hospitality Telephone courtesy adalah suatu cara dalam berkomunikasi melalui me...
-
BAB I PENDAHULUAN A. DESKRIPSI UMUM Salah satu standar kompetensi pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah standar kompet...
-
PULAU PENYU BERNAMA GILI MENO Welcome to Gili Meno Gili Meno adalah salah satu di antara tiga pulau kecil yang ada di Kabupaten Lomb...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili terawangan,gili ...
-
M AKALAH TENTANG HYGIENE DAN SANITASI UNIVERSITAS MATARAM BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili tera...
-
Gili Trawangan Di dalam kawasan wisata Gili Trawangan, tidak ada satupun aktivitas kendaraan bermotor karena memang dilarang. Jika And...
Recent Posts
Sample Text
Blog Archive
-
▼
2016
(15)
-
▼
Juni
(13)
- COURTESY RULES - TELEPHONE SKILLS
- PUBLIC AREA
- HELLO GILI SPEED BOAT
- TATA GRAHA-PERSIAPAN KAMAR TAMU
- HOTEL COURTESY
- Aneka Minuman Tradisional
- SATE TANJUNG
- HYGIENE DAN SANITASI
- Hello gili speed boat
- Objek Wisata Gili Air
- PULAU PENYU GILI MENO
- Spot Menarik Wisata Gili Trawangan
- destinasi wisata lombok utara
-
▼
Juni
(13)
Diberdayakan oleh Blogger.
FAQ's
Arcade Games
Shooting Games
Racing Games
Shooting Games
Popular Posts
-
KATA PENANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, sekaligus shalawat serta salam semoga senantiasa dilimpa...
-
BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Persiapan dalam menyiapkan kamar yang di jual, dalam menujang keberhasilan suatu hotel, dala...
-
COURTESY RULES - TELEPHONE SK Just Bring Your Hospitality Telephone courtesy adalah suatu cara dalam berkomunikasi melalui me...
-
BAB I PENDAHULUAN A. DESKRIPSI UMUM Salah satu standar kompetensi pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan adalah standar kompet...
-
PULAU PENYU BERNAMA GILI MENO Welcome to Gili Meno Gili Meno adalah salah satu di antara tiga pulau kecil yang ada di Kabupaten Lomb...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili terawangan,gili ...
-
M AKALAH TENTANG HYGIENE DAN SANITASI UNIVERSITAS MATARAM BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ...
-
Hello gili speed boat hello gili speed boat melayanai jasa penyebrangan dari lombok ke tiga gili yakni : gili tera...
-
Gili Trawangan Di dalam kawasan wisata Gili Trawangan, tidak ada satupun aktivitas kendaraan bermotor karena memang dilarang. Jika And...
Luar biasa, sangat bermanfaat. Tetap semangat untuk menulis. Setitik kebaikan akan menjadi lautan kebaikan jika telah menyebar kepada jutaan orang.
BalasHapus