Minggu, 19 Juni 2016

On 11.56 by Samsul Rizal Abdi S   1 comment
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Persiapan dalam menyiapkan kamar yang di jual,  dalam menujang keberhasilan suatu hotel, dalam usaha industry pariwisata yang  penjualan peroduk dan jasa. Kamar yang akan di jual sangat penting untuk di perhatikan.agar tamu yang menginap merasakan kenyamanan dan betah untuk tinggal di suatu hotel tersebut.
Berdasarkan hal tersebut sangat perlu di adanya pesiapan yang baik dalam menyiapkan kamar bagi para tamu yang akan menginap dengan memperhatiakn perosedur yang sudah di tetapkan oleh hotel.
Dalam mencapai keberhasilan yang maksimal dalam mempersiapkan kamar yang siap untuk di jual kepada tamu. Ketersediaan kamar yang bersih akan menghindari dari tamu untuk menunggu pada saat chek in. oleh sebab itu ketika room attendant telah selsai di bersihkn kamar makan floor supervaisor meriles satatus kamar tersebut.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, penulis memngangkat beberapa rumusan masalah di antaranya adalah sebagai berikut:
1.      Pengetian persiapan kamar tamu?
2.      Dimana Penyiapan kamar tamu?
3.      Prosedur persiapan kamar tamu?
4.      Kapan kamar tamu di persiapkan?
5.      Departement yang bertugas dalam mempersiapkan kamar tamu?
6.      Langkah-langkah dalam mempersiapkan kamar tamu?

C.    TUJUAN
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai brikut:
1.      Untuk mengetahui apa itu Pengetian persiapan kamar tamu
2.      Untuk mengetahui Dimana Penyiapan kamar tamu
3.      Untuk mengetahui Prosedur persiapan kamar tamu
4.      Untuk mengetahui Kapan kamar tamu di persiapkan
5.      Untuk mengetahui Departement yang bertugas dalam mempersiapkan kamar tamu
6.      Untuk mengetahui Langkah-langkah dalam mempersiapkan kamar tamu

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Persiapan Kamar Tamu
Persiapan kamar tamu adalah  menyiapakan kamar untuk tamu yang akan menginap di hotel dengan engikuti prosedur, penyiapan kamar tamu, yang sesuai dengan ketetapan hotel. Adapun dalam penyiapannya, meliputi, bnyak peralatan, pelengkapan, departemen-departemen yang saling berkoodinasi dalam menyiapakan kamar tamu.
            Dalam mempersiapakan kamar tamu, di perlukan ketelitian dalam menyiapkan kamar yang akan di huni oleh tamu yang akan menginap. Adapun hal yang pentig untuk di perhatikn dalam menyiapakan kamar tamu di hoel adalah,
Ø  Kebersihan
Kebersihan dalam menyiapkan kamar tamu  yang meliput: linen bantal, kamar mandi, tawel, dan lain-lain
Ø  Kerapian
Kerapian dalam menyiapkan kamar tamu yang meliputi: penetaan bed cover, perlatan-perlatan yang ada di atas meja, seperti remot, buku, mini bar, hair dryer dan lain-lain
B.     Dimana peyiapan kamar tamu
Di kamar tamu yang akan di gunakan oleh tamu atau sebelum di gunakan oleh tamu roomboy harus meyiapkan kamar tamu terlebih dahulu agar kamar tersebut bias di gunakan oleh tamu yang memesan kamar tersebut.
C.     Prosedur Penyiapan Kamar Tamu Hotel
Prosedur  pembersihan  kamar  perlu  diperhatikan  sedemikian  rupa  untuk memastikan  semua  bagian  di  dalam  kamar  tidak  ada  yang  terlewatkan.  Pembersihan harus  dilakukan  secara  detail  termasuk  kerapian,  kelengkapan  amenities  dan kebersihan. Pekerjaan  utama  dalam  proses  pembersihan  kamar  terdiri  dari  preperation (persiapan), process (pembersihan) dan finishing (pengecekan)
Ø  PERSIAPAN
Pada  tahap  persiapan  ini, room Attendant melakukan  persiapan  sebagai berikut:
1)      Melapor ke housekeeping office dengan  menandatangani  daftar  hadir (attendance record) pada kolom Time In.
2)      Mengambil room assignment sheet yang  merupakan  daftar  kamar-kamar  yang  harus  dikerjakan  oleh room attendant. room assignment sheet ini  dipersiapkan  oleh floor supervisor untuk  mengatur  alokasi room  atttendant  dalam  pembersihan  semua  kamar  di hotel.
3)      Mengambil  kunci  kamar (Master key) sesuai  dengan  daftar  kamar pada  room assignment sheet kemudian  menandatangani  pada “key log book” pada  kolom Key Out.
4)      Mengikuti “Morning briefing” yang  dipimpin  oleh  supervisor  untuk mendapatkan  informasi  mengenai  aktivitas  hotel  misalnya : EA, ED, VIP, dan lain-lain.
5)      Room attendant  menuju  section  masing-masing  sesuai  dengan lantainya  kemudian  mengambil “trolley” sebagai  tempat penyimpanan  semua  peralatan  penunjang  kamar.
6)      Kemudian, mengecek  semua  kamar  untuk  memastikan  status kamar sesuai  dari  system  komputer  sama  dengan  status  fisik.
Selain  itu, tujuan  lainnya  adalah  mengecek  laundry  tamu,  mengecek  kamar  yang  ada  tanda “SERVICE dan DND” dan  sebagai laporan  untuk  room  discrepancy
7)      Hasil   pengecekan fisik  ini  akan  dilaporkan  ke floor  supervisor sabagai  laporan  morning housekeeping report  setelah  dikumpulkan dari  semua  room  attendant  yang bertugas.
8)      Room attendant sudah siap melakukan pembersihan kamar. biasanya akan dimuali dari kamar-kamar yang ada tanda “service”.
Ø  PEMBERSIHAN
Pada tahap ini, room attendant sudah siap membersihkan kamar tamu, Prosedur pembersihan yang dilakukan meliputi hal-hal
sebagai berikut :
1)      Entering the guest room
·         Bell kamar kemudian sebutkan “Housekeeping”, bila tidak ada respon ulangi lagi. Jika juga tidak ada respon, buka pintu
secara perlahan sambil mengatakan housekeeping.
·         Jika ada respon dari dalam, tunggu hingga pintu dibuka oleh tamu kemudian minta ijin apakah kamarnya dapat dibersihkan.
2)      Begining Task
·         Bawa  masuk caddy tray dan linen bersih ke dalam kamar. letakkan caddy ke bathroom dan linen diatas luggage rack.
·         Buka curtain supaya penerangan di dalam kamar lebih terang. Buka jendela untuk sirkulasi udara segar (beberapa hotel jendela tidak dapat dibuka dengan alasan keamanan).
·         Bawa gelas, ashtray, cangkir ke basin di bathroom. bila ada tray dar room service hubungi room service untuk pick up.
·         Bersihkan tempat sampah dan buang sampah tersebut ke rubbish bag di trolley.
·         Periksa semua ruangan untuk melihat apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal.

3)      Stripping the bed
·         Pindahkan bila ada barang / pakaian tamu ke tempat, setelah selesai making kembalikan ke posisi awal.
·         Lepaskan sarung bantal satu per satu kemudian letakkan bantal diatas meja/sofa.
·         Tarik sheet kotor satu per satu agar barang yang ada di bed tersebut tidak terbawa ke laundry.
·         Pindahkan semua linen kotor ke linen bag pada trolley.
4)      Making the bed
·         Periksa kebersihan bed pad, ganti bila kotor.
·         Letakkan sheet pertama di tengah bed, kemudian kunci masing-masing sudutnya dengan membentuk sudut 45 derajat.
·         Letakkan duvet cover seperti sheet pertama, ujung atas duvet sejajar dengan tepi bed, kemudian rapikan hingga terlihat kencang.
·         Letakkan bantal yang sudah dipasang sarung bantal pada ujung bed dekat head board.
·         letakkan bed runner sebelah bawah dari bed.
5)      Dusting
·         Proses dusting sebaiknya dilakukan secara terarah (se-arah jarum jam) untuk memastikan semua furniture
tidak ada yang terlewatkan termasuk door entrance, skirting, desk table, chairs, window frame, coffee table, bed side table, wardrobe, dan lain-lain.
·         Lengkapi semua guest amenities yang dipakai oleh tamu dengan yang baru sebagai syarat kelengkapan kamar.
6)      Cleaning the bathroom
·         Bersihkan Glass tumbler yang kotor.
·         Bersihkan toilet, bathtup, shower, basin dan mirror.
·         Ganti towel yang kotor dengan yang bersih sesuai dengan standar.
·         Ganti dengan yang baru semua amenities yang dipakai. letakkan sesuai dengan standar.
·         Bersihkan lantai kamar mandi, pastikan bahwa rambut tidak ada yang tertinggal.
7)      Vacuuming the room
·         Vacuum lantai dari area yang paling jauh dari pintu dengan cara berjalan mundur. pastikan semua permukaan lantai tidak ada yang terlewatkan.

Ø  PENGECEKAN
Pada  tahap  ini, room attendant  memeriksa  ulang  kamar  yang  telah dibersihkan  agar  kamar  tersebut  sesuai  dengan  standar.
Adapun  prosedure  pengeceken  meliputi :
1)      Kebersihan merupakan tujuan dari proses pembersihan, target kebersihan termasuk wall, furnitures, paintings, lamps, floor, linen, dan ceiling.
2)      Kerapihan merupakan pengaturan terhadap semua peralatan didalam kamar agar tertata baik dan rapi agar kelihatan menarik.
3)      Kelengkapan merupakan proses pengecekan terhadap semua amenities dan linens yang menjadi standar dari kamar tersebut dilengkapi setelah dipakai oleh tamu.
4)      Kerusakan bertujuan untuk memastikan semua perlengkapan di kamar dapat berfungsi dengan baik, misalnya lampu yang mati, remot control, furniture yang tergores, dan lain-lain.

D.    Kapan kamar tamu di siapkan
Waktu Penyiapan kamar tamu yang akan di huni oleh tamu yang akan  menginap, yaitu adalah sebagai berikut
Ø  Kamar chek in
Adalah kamar yang ada di bersihakan pada waktu pagi hari sebelum tamu chek in.
Ø  Kamar chek out
Adalah kamar tamu yang di bersihkan setelah tamu meninggalkan kamar hotel.
Ø  Kamar in house
Adalah kamar yang di huni, oleh tamu yang menginap di hotel, pembersihan kamar di lakukan pada saat tamu sedang keluar meninggalkan kamar.
E.     Departemen yang menyiapkan kamar tamu
Departemen yang menyiapkan kamar tamu yang akan di huni oleh tamu yang akan menginap di hotel, adalah departemen Housekiping. Departemen housekiping adalah departemen yang bertanggung jawab dalam penyiapakan kamar yang akan di huni, oleh tamu yanag akan menginap. Housekiping juga memiliki beberapa bagian yang ikut berperan dalam menyiapakan kamar tamu adalah sebagai berikut:
Ø  Room boy
Adalah stap yang bertugas dalam memebersihkan kamar, yang akan di huni. Stap yang bertugas pada bagian ini sebagian besar adalah laki-laki.
Ø  Room attenden/room mied
Adalah stap yang bertugas dalam menyiapakan kamar, yang akan di huni oleh tamu yang menginap, pada bagian ini stap yang bertugas sebagian adalah permpuan
Ø  Flooris
Adalah stap yang bertugas dalam merangkai bunga sebagai dekorasi kamar yang di siapakan untuk tamu yang akan menginap, dengan tujuan membuat kamar menjadi lebih indah dengan pentaan bunga-bunga.

F.      Langkah-langkah dalam menyiapkan  kamar tamu
Dalam memepersiapkan kamar tamu, adapun langkah lanagkah yang perlu di perhatikan dalam mempersiapkan kamar tamu yang akan menginap adalah sebagai berikut:
Ø  Dorong trolley ke depan kamar yang akan dibersihkan, tempatkan trolley pada posisi yang benar.
Ø    Ketuk pintu kamar / tekan bel kamar, sambil menyebutkan identitas (Housekeeping.. / Room boy..) sebanyak 3 kali dengan jeda waktu ±5 detik atau ±10 detik.
Ø   Bukalah pintu perlahan, sambil menyebutkan identitas kembali.
Ø   Masuk ke dalam kamar sambil Nyalakan lampu kamar, dan dengan membawa cleaning kit (Tempatkan cleaning kit dibawah wash basin).
Ø   Buka curtain dengan tujuan cahaya matahari dapat masuk serta menerangi kamar.
Ø   Padamkan lampu bila perlu dengan tujuan shaving energi, sambil melakukan pengecekan awal terhadap peralatan yang ada didalam kamar.
Ø   Kumpulkan semua sampah / kotoran didalam kamar (stripping sampah). Lihat dibawah tempat tidur. Bersihkan tempat sampah.
Ø   Keluarkan barang-barang Room Service (plate, glass, try), Jika didalam kamar terdapat barang-barang tersebut. Lalu hubungi Room Service untuk mengangkatnya (clear up).
Ø   Kumpulkan barang-barang ini (bila kotor) : kettle jug, glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak (buang isi asbak kedalam tempat yang sudah disiapkan). Tempatkan semua kedalam wash basin untuk kemudian rendam dengan air.
Ø  Stripping linen kotor pada bed dengan cara mengupasnya satu per satu, lalu kemudian kumpulkan semua towel kotor yang ada didalam bathroom. Masukkan linen dan towel kotor kedalam dirty linen bag (letakkan di trolley).
Ø  Masuk kembali kedalam kamar dengan membawa bed linen bersih untuk kemudian selanjutnya Making Bed.
Ø  Masuk kedalam bathroom untuk Cleaning Bathroom.
Ø  Hal yang pertama kali dilakukan didalam bathroom adalah Flush toilet dan Semprotkan toilet cleaner kedalam bagian toilet.
Ø  Bersihkan (cuci, bilas, keringkan) kettle jug, glasses, cup saucer, tea spoon, dan asbak kotor yang telah direndam sebelumnya didalam wash basin. letakkan semua kembali ditempat yang sudah ditetapkan sebagai standard.
Ø  Bersihkan (Semprotkan chemical, sikat, cuci, bilas, keringkan) area didalam bathroom, mulai dari mirror wash basin, wash basin, bath tub, dan lalu shower cabin glasses.
Ø  Gunakan Hand glove. Kembali ke toilet yang sebelumnya sudah disemprotkan toilet cleaner untuk menyikat, membilas, dan mengeringkan toilet tersebut.
Ø  Kembali ke trolley, ambil dan isi kembali bath linen dan bathroom amenities. Tempatkan di tempat yang sudah ditetapkan sesuai standard.
Ø  Pel dan bersihkan lantai bathroom.
Ø  Dusting menggunakan kain pembersih untuk membersihkan debu dikamar yang dimulai dari pintu masuk kamar lalu Berjalan sesuai arah jarum jam. Dan sambil Periksa kondisi operational TV, alarm clock, semua lampu dan telephone. (disesuaikan dengan type/layout kamar).
Ø  Kembali ke trolley untuk melengkapi guest supplies yang tidak ada. Ganti guest supplies bila perlu dengan mengelilingi kamar searah jarum jam.
Ø  Vacum carpet pada kamar mulai dari daerah kamar yang paling jauh dan berjalan mundur.
Ø  Final check. Periksa kondisi kamar sekali lagi untuk memastikan bahwa kondisi kamar dalam keadaan baik.
Ø  Tutup Curtain, Atur (normalkan) temperatur suhu AC, Semprotkan Air refreshener pada ruangan, dan Ambil waktu sesaat untuk menikmati hasil kerja yang bagus sebelum Mematikan semua lampu.
Ø  Tutup pintu kamar dalam keadaan aman dan pastikan pintu telah terkunci.
Ø  Mengisi Form list housekeeping (Room Boy Control Sheet).
Ø  Dorong trolley menuju kamar selanjutnya yang akan dibersihkan.


BAB III
PENUTUP
A.   KESIMUPULAN
Dari pembahasan di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa, hotel meemelukan penyapian kamar yang akan di gunakan oleh para tamu yang akan menginap dii suatu hotel. Pelaksaan dalam memepersiapkan kamar tamu yang sesuai dengan prosedur yang tlah di tetapkan dalam oleh hotel. Agar terlihat lebih menarik dan sebagus mungkin.
B.   SARAN
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis megharapakan pembaca bisa mengetahui cara menyiapkan kamar tamu yang baik dan dan sesuai dengan prosedur yan tlah di tetapkan oleh hotel.

Daftar pustaka
http://pelangihitamgelap.blogspot.co.id/2012/01/langkah-langkah-membersihkan-kamar-tamu.html
http://menyiapkan.blogspot.co.id/
http://akomodasi-perhotelan.blogspot.co.id/2013/02/ menyiapkan-kamar-untuk-tamu.html














1 komentar:

  1. Luar biasa, sangat bermanfaat. Tetap semangat untuk menulis. Setitik kebaikan akan menjadi lautan kebaikan jika telah menyebar kepada jutaan orang.

    BalasHapus